image

Berita, FDII 2018

Kategori

Program Festival Dongeng Internasional Indonesia 2018

Ayo dongeng, Ayo cerita!
Ayo berkumpul lagi, bergembira bersama dalam Festival Dongeng Internasional Indonesia 2018!

Selamat datang di FDII 2018!

Festival Dongeng Internasional Indonesia datang lagi di Museum Nasional. Kali ini, dengan lebih banyak momen membahagiakan yang bisa kamu temukan, ciptakan, dan bagikan di antara puluhan cerita yang akan didendangkan, dikiaskan, didongengkan! Festival Dongeng Internasional Indonesia 2018 (FDII 2018) dengan tema "Kisah Bahagia" akan mengajak teman-teman semua untuk merasakan kebahagiaan bersama-sama. Mulai dari pendongeng asal Filipina, Richard Dian Vilar, yang akan mengajak kita menari dan bernyanyi, Giovanna Conforto asal Italia yang akan juga memperkenalkan budaya bercerita dari negaranya, hingga kelompok boneka dari tanah air, Belalang Kupu Kupu yang akan berkolaborasi dengan paduan suara Infinito yang akan membawakan kisah bahagia. Melihat begitu banyaknya antusias teman-teman untuk ikut menyebarkan kebahagiaan melalui dongeng, beberapa waktu lalu kami mengadakan Kontes Dongeng di FDII. Terpilihlah 2 orang beruntung yang berkesempatan untuk ikut menyebarkan kisah bahagia mereka.

FDII 2018 juga akan dimeriahkan dengan penampilan kelompok-kelompok musik untuk anak serta para komunitas dongeng yabg akan mengajak kita bergembira bersama. Jangan lupa juga untuk mendaftarkan diri di kelas-kelas dongeng, dan kelas kriya, selain tentunya mendengarkan dongeng-dongeng istimewa dari para pendongeng pilihan.

Ada yang beda dari FDII 2018 kali ini, kami akan mengajak teman-teman untuk berbagi kebahagiaan dengan teman-teman kita yang sedang berjuang bangkit setelah mengalami bencana alam; di Lombok, Palu, Sigi, dan Donggala. Lewat #DonasiBahagia, kamu bisa berbagi kebahagiaan dengan memberikan kesempatan teman-teman di sana bermain, belajar, dan tertawa lagi. Sssttt! Di hari pelaksanaan FDII 2018, kamu bisa donasi uang sambil mendapatkan sketsa wajahmu, lho!

Yuk bersama aktifkan indra kita untuk ciptakan bahagia, kemudian sebarkan rasanya ke sekitarmu! Kumpulkan bahagianya, simpan dan bawa rasa bahagia itu ke rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar. Karena cerita, dan bahagia akan berlipat ganda saat dibagikan.

Selamat menikmati perjalanan dongeng dan kisah bahagia Anda.

Penuh cinta,
Para Penjaga Mimpi
Ayo Dongeng Indonesia!


PROFIL PENDONGENG

Richard Dian Vilar (Filipina)

Kelas Dongeng Internasional "Harta Berharga Para Pendongeng: Tubuh, Suara, Cerita, dan Cara Bertutur" (Sabtu │ 3 November 2018 │ 09.00 - 11.00 WIB │ Ruang Garu)
Kelas Dongeng Internasional "Dasar-dasar Mendongeng dengan Efektif" (Sabtu │ 3 November 2018 │ 13.00 - 15.00 WIB │ Ruang Auditorium)

Pertunjukan Dongeng (Minggu │ 4 November 2018 │ 11.05 - 11.25 WIB │ Panggung "The Power of Dreams")

Dongeng Istimewa "Mata Air dan Harmoni yang Menyenangkan (Wellsprings and Joyful Harmony)" (Minggu │ 4 November 2018 │ 13.40 - 15.00 WIB │ Ruang Garu)

Kolaborasi Dongeng Internasional (Minggu │ 4 November 2018 │ 16.15 - 16.45 WIB │ Panggung "The Power of Dreams")

Richard Dian Vilar adalah pendongeng yang memiliki segudang talenta. Richard merupakan seorang seniman , sutradara, koreografer, desainer produksi, penulis naskah, peneliti, pekerja museum dan fasilitastor pengembangan. Richard menerima penghargaan GADOR untuk Pekerjaan Budaya dan Seni Luar Biasa dari Universitas Negeri Mindanao, Pusat Kebudayaan dan Seni Kambayoka, Pusat Kebudayaan Filipina, dan Komisi Nasional untuk Kebudayaan dan Seni. Dia juga salah satu dari Sepuluh Mahasiswa Berprestasi Tahun Kota Butuan. Dia telah melakukan pertukaran internasional sebagai seniman dan pelatih pertunjukan di berbagai negara di Eropa dan Asia dari tahun 1991 hingga sekarang.


Giovanna Conforto (Italia)

Kelas Dongeng Internasional "Cerita dan Strukturnya" (Sabtu │ 3 November 2018 │ 11.00 - 13.00 WIB │ Ruang Garu)
Kelas Dongeng Internasional "Gambar Kisah Bahagia" (Sabtu │ 3 November 2018 │ 15.00 - 17.00 WIB │ Ruang Auditorium)

Pertunjukan Dongeng (Minggu │ 4 November 2018 │ 14.55 - 15.15 WIB │ Panggung "The Power of Dreams")

Dongeng Istimewa "Makanan Italia yang Bahagia (Happy Italian Food)" (Minggu │ 4 November 2018 │ 09.40 - 11.00 WIB │ Ruang Garu)

Kolaborasi Dongeng Internasional (Minggu │ 4 November 2018 │ 16.15 - 16.45 WIB │ Panggung "The Power of Dreams")

Giovanna adalah direktur kreatif dari Pusat Penceritaan Italia dan anggota pendiri dari Internasional Association Stories in Place yang berbasis di Edinburgh. Giovanna juga seorang dosen di Magister Manajemen Seni di IED University di Roma dan telah bekerja sama dengan berbagai universitas di seluruh Eropa dan di Asia. Giovanna adalah penulis untuk pengajaran sains kreatif dan merupakan anggota dari Storytelling & Peace Council. Giovanna Conforto adalah seorang pendongeng, guru, dan penyelenggara acara. Lahir di Inggris dari orang tua Italia dia selalu bersemangat tentang teater dan seni pertunjukan. Pada tahun 1997, ia lulus dari Akademi Seni Drama Nasional "Silvio D'Amico" di Roma. Sebagai pendongeng dia telah berpartisipasi dalam acara dan festival di seluruh Eropa, Amerika Utara dan Asia.


Kak Aio (Indonesia)

Pertunjukan Dongeng (Minggu │ 4 November 2018 │ 11.25 - 11.40 WIB & 14.00 - 14.20 WIB │ Panggung "The Power of Dreams")

Kolaborasi Dongeng Internasional (Minggu │ 4 November 2018 │ 16.15 - 16.45 WIB │ Panggung "The Power of Dreams")

Kak Aio atau Ariyo Zidni adlaah Direktur Festival Dongeng Indonesia, salah astu pendiri Komuntias Ayo Dongeng Indonesia yang aktif mendongeng sejak 1999 untuk menyebarkan virus mendongeng yang baik. Sering diundang mendongeng di banyak festival di Indonesia hingga ke Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, India dan banyak negara lainnya. Kak Aio juga salah satu pendiri FEAST (Federation of Asian Storyteller)


Rona Mentari (Jogja | Indonesia)

Pertunjukan Dongeng (Minggu │ 4 November 2018 │ 10.20 - 10.40 WIB │ Panggung "The Power of Dreams")

Rona Mentari telah mulai mendongeng sejak berusia 10 tahun. Bersama saudara perempuannya, Rona mendirikan Rumah Dongeng Mentari di Yogyakarta, dimana fokus kegiatannya adalah mendongeng kepada anak. Telah berkeliling ke beberapa negara untuk mendongeng; Singapura, Australia, dan Selandia Baru, serta berpartisipasi dalam acara televisi, baik sebagai narasumber maupun sebagai pengisi acara yang terkait dengan dongeng. Suka mendongeng menggunakan wayang dan gitar kecilnya.


Puppetaria (Jakarta | Indonesia)

Kelas Dongeng "Have Fun Making Video with Your Puppet" (Sabtu │ 3 November 2018 │ 10.00 - 12.45 WIB │ Ruang Baba)

Tessar, Ana, dan Melani adalah anggota dari kelompok Puppetaria. Awalnya mereka adalah Puppeteer (pemain puppet/boneka tangan) dari program TV anak yaitu Sesame Indonesia / Jalan Sesama (2006-2010), yang kemudian membentuk kelompok pecinta boneka tangan ini. Puppetaria sering melakukan kegiatan mendongeng antara lain di Puppet Show (off air), program TV untuk anak-anak, dan lokakarya boneka tangan.


Kelompok Dongeng Boneka Belalang Kupu Kupu (Jakarta | Indonesia)

Dongeng Istimewa "Melodi Imajinasi Vol.3" bersama Infinito Singers (Minggu │ 4 November 2018 │ 09.40 - 10.00 WIBPanggung "The Power of Dreams")

Kelompok dongeng yang merupakan bagian dari Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, yang terfokus pada dongeng dengan menggunakan media boneka. Beranggotakan para pendongeng dan penggiat dongeng dari komunitas AyoDI, kelompok ini memiliki keinginan besar untuk menghidupkan dunia cerita melalui boneka dan memberi warna llebih indah bagi dunia anak di Indonesia. Dibentuk di tahun 2017 dan tampil perdana di FDII 2017.


Kak Didik & Kak Echa (Jakarta | Indonesia)

Dongeng di Taman Cerita (Minggu │ 4 November 2018 │ 10.15 - 10.30 WIB │ Ruang Zira)

Kak Didik adalah anak rantau dari Purwokerto yang berprofesi sebagai desainer grafis. Pertama kali belajar dongeng di kelas mendongeng Rumah Dongeng Mentari, dan kinin menjadi relawan di komunitas AyoDI. Di sela waktunya dia juga membuat podcast dongeng, sebuah kanal dongeng lewat media suara layaknya drama radio dengan nama Dongeng Sore. Dongeng Sore dibuat dengan harapan bisa mengurangi screen time anak dan bisa menjadi pilihan hiburan anak-anak zaman sekarang.Dongeng Sore bisa didengarkan di Soundcloud, Spotify maupun iTunes Store. maupun bisa ditemukan di instagram @dongengsore.

Kak Echa menggagas sebua proyek video dongeng musikal di youtube dan mengajak sahabat kecilnya, Kanya Cittasara, untuk berkolaborasi dalam duo musical storytelling "SARANG CERITA". Tujuan Kak Echa ingin menyediakan dan mengedukasi anak hingga orang tua tentang konten di media sosial yang BAIK dan TEPAT untuk dikonsumsi. Kak Echa juga aktif mendongeng setiap bulan untuk adik-adik TPA A-Khusyu di Jatibening dalam program CERMIN, Bercerita & Bermain Bersama Kak Echa.

Kak Didik dan Kak Echa adalah beberapa dari relawan di komunitas Ayo Dongeng Indonesia.


Kak Aya & Kak Desri (Jakarta | Indonesia)

Dongeng di Taman Cerita (Minggu │ 4 November 2018 │ 11.00 - 11.15 WIB │ Ruang Zira)

Kak Aya adalah ibu dari tiga orang anak dan berprofesi sebagai guru TK yang sangat suka mendongeng. Tidak hanya berbagi cerita saja, Kak Aya juga senang mengajak adik-adik untuk bernyanyi dan bermain di setiap dongeng yang ia bawakan.

Kak Desri adalah seorang guru SD yang menyukai kegiatan mendongeng dengan menggunakan media buku. Menjadi anggota KPBA (Kelompok Pecinta Bacaan Anak) pada 2003-2008 dan mulai mendongeng di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di bangsal anak, lalu mendirikan kelompok Kerja Cerita Teras Anak (Cetera) pada 2014-2015 dan sampai kini mendongeng di berbagai acara.

Kak Aya dan Kak Desri adalah salah satu relawan di komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Kategori Berita, FDII 2018 oleh Zulfahmi pada 31 Oct 2018