image

Berita, Artikel

Kategori

Merayakan Perempuan di Indonesia (Dongeng Kejutan AyoDI)

Tanggal 21 April adalah Hari Kartini di Indonesia. Di hari itu, masyarakat Indonesia merayakan peran perempuan yang sungguh besar dalam membangun bangsa.

Tepat di Hari Kartini yang jatuh di hari Sabtu lalu, Ayo Dongeng Indonesia membuat Dongeng Kejutan yang bertema Perempuan. Tempatnya di Perpustakaan Kemendikbud RI yang ada di Senayan Jakarta. Wah, seru sekali deh! Kakak-kakak Penjaga Mimpi kompak mengenakan kebaya dan sarung.


Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB. Adik-adik yang datang disapa dengan hangat oleh Kak Hani dan Kak Didik

Setelah itu, pertunjukan dongeng dimulai! Dongeng pertama ditampilkan oleh Kak Nia dan Kak Bie yang membawakan cerita Keumalahayati, laksamana laut perempuan pertama di dunia, yang membentuk Inong Balee, laskar perang perempuan yang membuat tentara Belanda dan Portugis kocar-kacir! Mereka juga menyanyikan lagu Nenek Moyangku Seorang Pelaut di awal dan akhir ceritanya!

Setelah itu, Kak Reta melanjutkan dengan dongeng tentang seekor anak laba-laba perempuan yang keliling dunia! Waaah, Kak Reta mengajak adik-adik menjelajahi berbagai negara bersama globe mininya! di akhir cerita, Kak Reta membawa adik-adik kembali ke negara yang paling kita cintai, yaitu Indonesia!

Adik-adik sangatn menikmat cerita dan sempat melontarkan banyak pendapat mereka selama ceritanya berjalan! Kak Hani, Kak Didik dan Kak Miya lalu mengajak semua bernyanyi dan menari lagi, sebelum dongeng dilanjutkan.

Dongeng berikutnya dibawakan oleh Kak Miya dan Kak Riska. Ceritanya berjudul Ibu Kami Seekor Kucing, cerita rakyat dari Jambi yang membuat kita ingat kepada pahlawan paling hebat di hidup kita, yaitu IBU! Kemana pun kita mencari, tidak ada yang lebih hebat dari ibu kita sendiri! Waaah, di akhir cerita, semua jadi ingin memeluk ibur erat-erat deh!

Setelah itu, Kak Didik menyambut dengan cerita Sapu Tangan Kupu-kupu, cerita yang ditulis Kak Nina Samidi untuk buku Dongeng Ajaib, Kisa-kisah Pilihan Ayo Dongeng Indonesia. Buku itu bisa dibeli di sini! Oh iya! Kak Didik membawakan cerita ini sambil sulap dengan sapu tangan lho!

Waaah, suasana semakin seru! Setelah adik-adik kembali diajak bernyanyi dan menari oleh Kak Cut, Kak Chitra dan Kak Miya, ada Kak Ratih Soe yang membawakan cerita rakyat Papua berjudul Biwar Si Pemberani, tentang pencarian sagu yang sangat menantang karena harus menghadapi naga yang menghalangi! Kak Ratih juga menyanyikan lagu Yamo Rambe Yamko dan menggunakan kotak makan sebagai pengganti Tifa! Adik-adik ikut bernyanyi seru bersamanya!

Di akhir acara, Kak Arthi Anand ditemani Kak Bie menceritakan kisah The Paper Bag Princess karya Robert Munsch, tentang seorang putri berbaju kardus yang menyelamatkan seorang pangeran yang manja dan sombong dari seekor naga yang galak! Kak Arthi juga menyanyikan lagu This Is Me, yang membuat adik-adik semakin percaya kepada dirinya sendiri!

Keseruan di hari itu lalu ditutup dengan menari, bernyanyi dan berfoto bersama! Acaranya tidak mungkin terjadi kalau tidak dibantu oleh Kakak-kakak Penjaga Mimpi lainnya yang juga hadir membantu! Coba intip berbagai wajah cerita di bawah ini yaaa!

Selain itu, ada juga Kakak-kakak Penjaga Mimpi yang tidak terlihat di foto, karena mereka sibuk mengambil fotonya! Mereka adalah Kak Dwi, Kak Tya dan Kak Nina.

Naaah, Adik-adik yang belum datang ke Dongeng Kejutan, lain kali jangan sampai ketinggalan acaranya yaaa! Minta ayah dan ibu untuk memantau akun media sosial Ayo Dongeng Indonesia untuk tahu kapan acara berikutnya akan berlangsung!

Sampai jumpa di Dongeng Kejutan berikutnya!


Sumber: https://storyhoop.me/storyhoop-blog

Kategori Berita, Artikel oleh Zulfahmi pada 25 Apr 2018