image

Berita

Kategori

Dongeng Kejutan Tribute to Pak Raden

Oleh Nia


Minggu pagi tanggal 26 November 2017 itu, cuaca di Jakarta sangat bersahabat, tidak hujan tapi juga tidak terlalu panas. Suara dari instruktur Yoga Gembira mengisi bagian tengah Taman Suropati, Jakarta. Pukul 7.30 para relawan Ayo Dongeng Indonesia sudah berdatangan ke sana. Kami akan mengadakan Dongeng Kejutan bertajuk "Tribute to Pak Raden" di taman pagi itu. Tema Dongeng Kejutan pagi itu diambil untuk mengenang jasa legenda dongeng Indonesia almarhum Pak Raden dan juga jelang memmperingati Hari Dongeng Nasional yang ditetapkan pada tanggal 28 November.

Pukul 08.00 WIB, para relawan yang sudah hadir mulai mempersiapkan kegiatan yang akan digelar. Mulai dari latihan dongeng, membungkus hadiah, persiapan MC, dan koordinasi bersama kimunitas Yoga Gembira. Ya, kegiatan kami kali ini dibantu banyak oleh komunitas Yoga Gembira yang setiap akhir pekan mengadakan yoga bersama di Taman Suropati.


Pukul 08.30 WIB seusai kegiatna yoga, kamu mulai bersiap-siap. Tiba-tiba hujan turun tanpa aba-aba. Langit tampak cerah pagi itu, tapi gerimis halus tiba-tiba turun. Wah, kami baru saja hendak memulai acara. Kami berharap semoga hujan segera berhenti agar Dongeng Kejutan pagi itu dapat dimulai. Banyak pula adik dan orangtua yang sudah hadir dan antusias ingin menikmati acara dongeng di taman.


Beruntung, hujan hanya berlangsung tak lebih dari sepuluh menit. Semesta seakan mendukung kegiatna kami pagi itu, lokasi taman yang hendak dipakai pun cenderung kering terlindungi pohon-pohon lebat yang ada di taman itu. Kami segera menggelar terpal untuk alas duduk para penikmat dongeng yang telah hadir, menyiapkan soundsystem, dan tanpa membuang waktu lagi, MC pun menyapa para pengunjung di taman pagi itu.


Kak Pandu dan Kak Didik yang bertindak sebagai MC dengan kooperatif mengajak para pengunjung untuk duduk tertib dan menyapa dengan kalimat seru untuk memanggil pendongeng yang akan tampil, "kameraaa.. rolling, actiooon..."

Penampilan pertama ada Kak Pipi dan Kak Vina yang membawakan cerita berjudul "Senyumnya Ngumpet" yang berkisah tentang seorang anak laki-laki pemalu, penyendiri, dan tidak mau bergaul dengan siapa pun, tapi akhirnya si anak lelaki ini mau juga tersenyum kepada orang lain. Adik-adik dibuat tertawa dengan penampilan Kak Pipi dan Kak Vina.

Setelah itu ada Kak Rani dan Kak Fanny yang membawakan cerita berjudul "Kambing Hitam dan Kambing Putih". Adik-adik diajak bernyanyi lagi Di Sini Senang Di Sana Senang sebagai pembuka dongeng mereka. Wah, suasana taman ramai suara 'mbeeek' nih, Ayodears. Tapi ini bukan karena ada kambing lepas kok. hehehe.

Selanjutnya ada dongeng dari Kak Nia dan Kak Bie yang membawakan cerita berjudul "Kolam Renang si Ayam". Uuh, si ayam egois ini tidak mau berbagi kolam renang dengan teman-temannya. Tapi karena merasa kesepian akhirnya dia mau juga berenang bersama teman-teman. Jangan lupa sambil bernyanyi ya. Adik-adik pun turut bernyanyi bersama.

Waah, tak terasa sudah ada tiga cerita. Untuk menambah semangat suasana pagi itu, tim energizer bersama MC mengajak adik-adik untuk menari bersama dahulu.

Setelah suasana semakin meriah, saatnya melanjutkan dongeng.

Siapa yang masih mau dengan dongeeeeeng??


Yuk, tidak perlu berlama-lama lagi, selanjutnya ada Kak Lisa dan Kak Mega yang membawakan cerita berjudul "Sekolah Seram" Hiiii, seram.. Ada serigala yang mengaum, ada drakula yang lapar, ada kantin sekolah yang seraaam. Eits, tapi tenang saja, Ayodears, adik-adik justru tidak ketakutan karena ceritanya sangat seru.

Selanjutnya ada Kak Reta yang bercerita tentang Si Pinky dan Sebuah Stoples Air. Si babi kecil yang lucu mengisi batu ke dalam stoples hingga airnya menjadi penuh. Waah, tapi tidak sampai tumpah lho karena saat batu terakhir dimasukkan, air berada tepat di ujung stoples.

Terakhir yang tak kalah istimewa ada dongeng boneka dari Kak Budi. Dongeng boneka yang Kak Budi bawakan kali ini terinspirasi dari boneka si Unyil yang diciptakan oleh Pak Raden. Nah, Kak Budi membawakan cerita tentang dua anak bernama Sali dan Saliha. Duuh, Sali, kenapa malas sekali diajak olahraga sih? Tapi Saliha yang baik dengan penuh semangat terus mengajak Sali untuk berolahraga. Ayodears semua rajin olahraga, kan?

Waktu sudah menunjukkan pukl 10.00 WIB, rasanya Ayodears yang hadir tak ingin acaranya segera selesai. Tapi, kami harus undur diri dulu nih, Ayodears. Sebagai penutup, kami semua menari lagu Hokky Pocky dan Kepiting berama-sama dengan penuh semangat. Riuh tawa gembira dan wajah-wajah ceria adik-adik yang hadir menghiasi Taman Suropati pagi itu.

Senang sekali kami bisa berbagi cerita dengan para penikmat dongeng. Sampai jumpa lagi di kegiatan kami selanjutnya ya. Ikuti terus perjalanan para Penjaga Mimpi berbagi cerita kepada anak-anak Indonesia.


Ayo Dongeng Ayo Cerita

Aku, Kamu, Kita


Salam

Penjaga Mimpi




Kategori Berita oleh Zulfahmi pada 14 Dec 2017