image

Berita

Kategori

Dongeng Kejutan Trauma Healing Krukut

Oleh Kak Nia

Di tengah cuacau mendung hari Minggu pagi, 11 Februari 2018 lalu, Ayo Dongeng Indonesia berkolaborasi dengan komunitas Sahabat Indonesia Berbagi mengunjungi para korban bencana kebakaran di Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat.

Dari tim Ayo Dongeng Indonesia hadir Kak Yanie, Kak Nia, dan Kak Valent yang berbagi cerita, juga Kak Fahmi dan Kak Dwi sebagai tim pendukung yang turut menyaksikan kondisi lingkungan setempat yang sebagian besar sudah menjadi puing-puing dan diberi garis polisi. Banyak juga tenda darurat yang didirikan untuk menampung barang para warga yang masih bisa diselamatkan.


Pagi itu di dalam bangunan mushalla yang selamat, acara Dongeng Kejutan berlangsung hangat. Adik-adik berkumpul untuk mendengarkan cerita dan berbagi cerita.

Komunitas Sahabat Indonesia Berbagi dengan program mereka bernama "Pak Dalis" memberi bantuan berupa pakaian dalam gratis untuk para korban kebakaran. Sedangkan Ayo Dongeng Indonesia berbagi dongeng untuk adik-adik guna mengurangi rasa trauma mereka. Sedikit berbagi kebahagiaan lewat cerita, nyanyian, dan tarian yang kami lakukan bersama-sama.

Senang sekali kami bisa turut ambil bagian dalam kegiatan ini. Mengenal mereka lebih dekat dan berusaha sedikit menghibur mereka. Yang lebih membahagiakan lagi adalah ketika hendak pulang, di perjalanan keluar gang-gang sempit yang kiri kanannya rumah terbakar ada sekelompok anak laki-laki usia Sekolah Dasar menyapa kami, menyebut nama kami lagi, dan menyampaikan salam perpisahan.

Ah, Dik, sesungguhnya justru kalianlah penyemangat kami. Semangat untuk berbagi karena candu melihat senyum tulus kalian, binar mata kalian, gelak tawa kalian, dan sapa kalian mengingat nama kami. Itu semua menjadi energi untuk hati kami.

Semoga kelak kalian tumbuh menjadi orang-orang hebat. Semoga kita bisa berjuma lagi di lain kesempatan yang lebih berbahagia.

Pagi itu menjadi saksu bahwa kekuatan cerita bisa sedikit menghapus duka lara. Bahwa setiap kita berhak berbahagia di tengah musibah yang mendera.

Ayo dongeng
Ayo cerita
Aku, Kamu, Kita

Kategori Berita oleh Zulfahmi pada 14 Feb 2018