image

Berita

Kategori

Dongeng Kejutan Sambil Ngabuburit

Minggu, 11 Juni 2017 yang lalu Ayo Dongeng Indonesia berkesempatan menggelar kegiatan Dongeng Kejutan di Yayasan Sayap Ibu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dongeng Kejutan kali ini agak berbeda dari sebelum-sebelumnya karena digelar bertepatan di bulan Ramadhan. Jadi kakak-kakak dari Ayo Dongeng Indonesia sekaligus mengadakan acara buka puasa bersama dengan keluarga besar Yayasan Sayap Ibu.

Selain itu, yang tak kalah menarik adalah kegiatan Dongeng Kejutan kali ini tidak hanya diisi oleh Komunitas Ayo Dongeng Indonesia dan Yayasan Sayap Ibu saja, tetapi juga ada banyak pihak lain yang turut bergabung dan meramaikan kegiatan ini. Di antaranya ada Penerbit Pibo yang juga bukunya dibacakan oleh salah satu kakak AyoDI, Komunitas KITA Bercerita, Ganara Art Studio yang mengajak adik-adik berkegiatan seru, adik-adik dari Sahabat Montessori, dan Rabbit Hole.

Kegiatan dimulai tepat pukul 16.00 sore setelah adik-adik bangun tidur dan mandi sore. Wuaah, adik-adiknya jadi sudah segar saat acara dimulai. Acara dibuka oleh Kakak-kakak MC yang cantik, Kak Yuni dan Kak Kanya. Kemudian dilanjut oleh Kak Tiwi selaku koordinator acara. Ssst, Kak Tiwi tidak hanya mengawali acara dengan sambutan singkat lho, tetapi juga mendongeng cerita seru tentang kisah sebelum tidur. Dongeng kali ini Kak Tiwi mengajak seorang adik dari Yayasan Sayap Ibu untuk turut bercerita. Ada Irma yang ikut menemani Kak Tiwi.


Setelah Kak Tiwi, dongeng dari kakak-kakak AyoDI terus berlanjut. Ada Kak Aya yang bercerita tentang hujan coklat. Setelah Kak Aya, ada Kak Riska yang membawakan cerita dari buku Rabbit Hole berjudul "Suara Apa Itu?" tentang bermacam-macam suara kendaraan. Apakah acara dongengnya sudah selesai? Tentu belum, karena masih banyak lagi yang akan tampil.


Kami istirahat dulu sambil mengajak adik-adik menari sambil bernyanyi. Supaya lebih semangat, kakak-kakak energizer, Kak Nia dan Kak Aya dibantu kakak-kakak yang lain mengajak adik-adik menarikan lagu "Ayo Bermain" sambil bertepuk tangan berpasang-pasangan.



Selanjutnya ada Kak Ana yang tampil read a loud dari buku yang diterbitkan Penerbit Pibo berjudul "Tanganku Tidak Untuk Memukul", adik-adik turut bergembira mengikuti gerakan-gerakan lincah Kak Ana. Wah, seru-seru sekali ya, AyoDears!



Kita lanjut ceritanya ya!

Kali ini giliran Kak Bie berkolaborasi dengan Kak Bagus dan Kak Dito dari Komunitas KITA Bercerita. Ada kisah 2 murid pandai dan ibu guru bernama Ibu Terius yang hanya mau dipanggil 'Miss' sehingga menjadi 'Miss Terius'. Adik-adik heboh sekali menanggapi cerita kakak-kakak yang membawa boneka tangan ini.



Di penghujung acara dongeng ada Kak Didik yang membawakan cerita rakyat dari Jepang berjudul Momotaro. Banyak sekali ya dongengnya. Semoga adik-adik dari Yayasan Sayap Ibu dan Sahabat Montessori gembira dan terhibur ya, karena kakak-kakak AyoDI juga tak kalah bersemangat dan bahagia sekali.


Eh, eh, eh, mau ke mana?

Cerita kegiatannya belum selesai lhooo..

Kali ini ada Kak Tita dan Kak Indra dari Ganara Studio yang mengajak adik-adik berkreasi seru menghias topi. Adik-adik dibagi menjadi beberapa kelompok, kakak-kakak yang hadir juga turut mendampingi adik-adik.


Setelah itu, Kak Tita memberi instruksi cara melukis topi dari canvas. Pertama kita buat pola dasar lingkaran, persegi. dan segitiga. Lalu adik-adik diminta menambahkan gambar sesuai imajinasi berdasarkan pola tersebut. Wah, ada yang membuat bunga, pohon, awan, gunung, dan lain-lain. Adik-adik menikmati sekali berkreasi dengan cat air. Senangnya lagi, topi-topi tersebut boleh disimpan untuk adik-adik sebagai kenang-kenangan.


Hhm tak terasa sudah hampir 2 jam acara berlangsung. Sudah menjelang waktunya berbuka puasa. Tapiii, masih ada lagi nih acara penutup. Apalagi kalau bukan serah terima hadiah dan kenang-kenangan.. Puji syukur, ada beberapa bingkisan yang bisa diberikan untuk adik-adik dan kakak pengasuh Yayasan Sayap Ibu. Ada kenang-kenang dari Rabbit Hole, Komunitas KITA Bercerita, Penerbit Pibo, Ayo Dongeng Indonesia, dan Kak Addie, Kak Uwie, Kak Roro dari AyoDI yang secara pribadi memberikan bingkisan untuk adik-adik. Semoga bermanfaat ya, adik-adik.

Tak terasa waktunya berbuka puasa telah tiba. Kami semua menikmati santapan berbuka puasa bersama-sama dengan adik-adik dan kakak pengasuh di Yayasan Sayap Ibu. Kegiatan kali ini sungguh berkesan di hati kami. Semoga kehadiran kami dapat memberi sedikit kebahagiaan untuk adik-adik semua, begitu pun adik-adik yang telah memberikan banyak pelajaran dan kebahagiaan bagi kami.

Sampai jumpa di kegiatan Dongeng Kejutan berikutnya ya. Jangan lupa pantau selalu website dan media sosial Ayo Dongeng Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Salam

Ayo Dongeng Indonesia

(/kak Nia)

Kategori Berita oleh Putu Saraswati pada 16 Jun 2017