image

Berita

Kategori

Dongeng Kejutan Perumnas Klender Seru Bener!

Pada tanggal 25 Mei 2017 kemarin, kembali Komunitas Ayo Dongeng Indonesia menggelar Dongeng Kejutan! Dongeng Kejutan kali ini AyoDI diundang oleh warga Rukun Tetangga 007 Rukun Warga 003 di Duren Sawit, Jakarta Timur. Dongeng Kejutan atau biasa disingkat "DoKe" ini diisi oleh para relawan AyoDI. Ka Yanie sebagai MC dan yang mendongeng ada Kak Miya, Kak Maya, dan Ka Nia juga Kak Budi.



Kak Yanie menyambut adik-adik dan banyak warga yang sudah hadir dengan semangat gembira. Kemudian Kak Yanie mengajak adik-adik menyanyi dan menari dengan iringan lagu Bermain. Kemudian Kak Yanie melanjutkan dengan mendongeng "Conejito" yang sangat interaktif. Kemudian Kak Miya mendongeng dengan teknik reading aloud tentang cerita berjudul "Rambut Panjang Alika" dengan antusias adik-adik mendengarkannya dan penasaran dengan buku cerita yang dipegang oleh Kak Miya. Selanjutnya disambung oleh Kak Maya dengan cerita "Buaya yang Jujur" dan didengarkan dengan seksama oleh adik-adik. Kemudian Kak Nia pun tampil membawakan dongeng tentang Ikan Badut dengan seru sehingga adik-adik ceria.



Di sela mendongeng, kakak-kakak relawan yang bertugas sebagai energizer tampil gembira dan semangat menghibur adik-adik agar tidak jenuh mendengarkan cerita. Ada Kak DK dan Kak Aan bersama teman-teman asramanya yang ia ikut sertakan dalam kegiatan DoKe kali ini. Sehingga semakin ramai mengajak adik-adik untuk menyanyi sambil menari dengan iringan lagu Kepiting yang diulangi sebanyak dua kali karena adik-adik RT 003 RW 007 Perumnas Klender ini sangat lincah dan menikmati gerakan demi gerakan yang dicontohkan oleh kakak-kakak energizer.




Setelah adik-adik kembali semangat untuk mendengarkan cerita masuklah Kak Budi bercerita. Kak Budi sangat kreatif sebelum masuk ke dalam cerita, Ka Budi mendongeng diselingi dengan sulap lho. Eh sulap? Entahlah disebutnya apa, Kak Budi telah mengajak adik-adik berinteraksi dengan baik. Lalu Kak Budi masuk ke dalam cerita intinya yaitu mengenai Ikan Buntal. Cerita in pun tak kalah serunya. Apalagi ketika Ikan Hiu mengejar Ikan Buntal adik-adik terbawa suasana! Hihihi.



Kakak-kakak relawan sudah mendongeng maka saatnya adik-adik diberikan kuis sederhana. Kenzi yang berani maju dan ia hebat dapat menjawab apa judul dongeng yang dibawakan oleh Kak Maya. Adik-adik yang tinggal di sekita Jalan Mawar Merah V yang sudah hadir di DoKe memang fokus dalam mendengarkan dongeng. Hehehe.



Juga Karisa yang berani ke depan untuk bercerita kepada teman-temannya. Walaupun tidak selesai bercerita Karisa tetap mendapatkan hadiah karena sudah berani. Pun dengan adik-adik lainnya yang sudah berani maju ke depan mendapatkan hadiah berupa buku cerita yang disediakan oleh pengurus RT.



Oh iya, ada tambahan dongeng oleh Kak Budi loh! Dongengnya bareng Si Olin, boneka Orangutan yang konyol. Adik-adik sampai gemas mengajarkan Olin berhitung. Hehehe.



Sebagai penutup Kak Yanie mendongeng tentang keluarga Ikan Hiu yang diakhiri dengan tarian "Baby Shark" yang membuat kita semua berolahraga karena tempo lagunya semakin lama semakin cepat. Seruuu!



Pada akhirnya yang patut kita ancungi jempol adalah Bapak Adi selaku Ketua Rukun Tetangga 003 Rukun Warga 007 Perumnas Klender, Jakarta Timur yang berinisiatif mengadakan acara warga yang diisi dengan dongeng untuk anak-anak di lingkungan pemerintahannya. Hebat ya!



Inilah adik-adik RT 003 RW 007 Perumnas Klender, Jakarta Timur dan para relawan AyoDI.... Semoga kedepannya semakin banyak ketua lingkungan memiliki inisiatif yang sama ya... Agar kita semua dapat menyaksikan keceriaan anak-anak yang sesungguhnya melalui dongeng.

Aku suka dongeng!

(oleh Kak Maya)



Kategori Berita oleh Putu Saraswati pada 30 May 2017