image

Berita

Kategori

Dongeng Kejutan Hari Kartini

Oleh: Kak Nia


Sabtu, 21 April 2018, Dongeng Kejutan kembali digelar. Kali ini diadakan di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bertepatan dengan perayaan Hari Kartini, tema dongeng Kejutan kali ini pun berhubungan dengan perempuan. Cerita yang dihadirkan kakak-kakak pendongeng juga sangat beragam.

Acara dimulai tepat pukul 10.00, dibuka oleh sepasang pembawa acara yang sangat menghangatkan suasana. Ada Kak Hani dan Kak Didik yang memandu adik-adik selama jalannya acara. Tak lupa juga tim energizer yang dipimpin oleh Kak Miya mengajak adik-adik bernyanyi dan menari agar suasana semakin meriah.


Dongeng pertama dibawakan oleh Kak Nia dan Kak Bie. Kali ini Kak Nia dan Kak Bie membawakan cerita berjudul "Malahayati dan Inong Balee", pahlawan perempuan yang sangat hebat dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Adik-adik mendengarkan dongeng sejarah ini dengan sangat antusias, selain itu adik-adik juga diajak bernyanyi lagu Nenek Moyangku sehingga menambah semangat semua yang ada di ruangan.

Setelah itu ada dongeng kisah laba-laba keliling dunia yang dibawakan oleh Kak Reta. Wah, senang sekali adik-adik menyimak cerita sang laba-laba sambil menyebutkan berbagai negara yang ada di seluruh dunia.

Ada juga Kak Riska dan Kak Miya yang membawakan cerita rakyat dari Jambi berjudul "Ibu Kami Seekor Kucing". Lewat cerita ini, adik-adik diajak untuk selalu menyayangi ibu, pahlawan perempuan paling hebat dalam hidup kita. Di akhir cerita adik-adik diajak bernyanyi lagu berjudul "Kasih Ibu" bersama-sama. Semoga kita selalu menyayangi orangtua kita ya, Ayodears..

Selanjutnya ada Kak Didik yang tampil membawakan cerita berjudul "Kupu-kupu Saputangan" yang terdapat dalam buku Dongeng Ajaib: Kisah-kisah Pilihan Ayo Dongeng Indonesia. Ayodears masih ingat kan, buku ini ditulis oleh para relawan Ayo Dongeng Indonesia. Nah, cerita berjudul "Kupu-kupu Saputangan" karya Kak Nina Samidi ini dibawakan oleh Kak Didik dengan sangat luar biasa. Adik-adik dibuat terkesima dengan setiap alurnya. Hehehe, ada pertunjukan sulap sederhana juga dari Kak Didik. Loh, loh, loh, saputangannya bisa terbaaang!!!

Tunggu dulu, Dongeng Kejutan belum selesai lhooo.. Masih ada beberapa penampilan istimewa lainnya.

Ada Kak Ratih yang membawakab cerita rakyat dari Papua. Kisah seorang anak bernawa Biwar yang berhasil mengalahkan naga sungai. Wah, seru sekali. Adik-adik diajak bermain tifa, alat musik dari Papua. Meskipun bukan tifa sungguhan, adik-adik tetap bersemangat karena musik yang dimainkan oleh Kak Ratih. Selain itu juga adik-adik diajak menyanyikan lagu tradisional Papu berjudul "Yamko Rambe Yamko". Menyenangkan sekali ya.

Nah, terakhir, sebagai penutup, kita juga kedatangan pendongeng special lhooo. Ada pendongeng asal India bernama Arthi Anand. Masih ingat kan, Ayodears, Arthi Anand ini juga turut mengisi acara Festival Dongeng Internasional Indonesia 2017 lalu lho..

Kali ini Arthi membawakan cerita berjudul "Paper Bag Princess". Ceritanya tentang seorang gadis berpakaian kardus yang menyelamatkan pangeran dari seekor naga, karya Robert Munsch. Sebagai penutup Arthi juga mengajak adik-adik bernyanyi.Wah, adik-adik semua mengikuti lagunya dengan semangat.

Mengesankan sekali Dongeng Kejutan dalam rangka Hari Kartini ini, Ayodears. Semoga semua yang hadir turut merasakan kebahagiaan dari setiap cerita yang dibawakan ya.

Tak lupa juga, kami dari Ayo Dongeng Indonesia mengucapkan Selamat Hari Kartini. Semoga semua perempuan di Indonesia bisa semakin hebat, bisa selalu berkarya, dan bisa menggapai semua cita-citanya.


Sampai jumpa di acara Dongeng Kejutan selanjutnya, ya..


Salam,
Ayo Dongeng Indonesia

Kategori Berita oleh Zulfahmi pada 22 Apr 2018