image

Berita

Kategori

Dongeng Kejutan di Workshop Literasi Keluarga

Sabtu, 8 April 2017. Ayo Dongeng Indonesia ikut memeriahkan "Workshop Literasi Keluarga" yang diadakan oleh Noura Publishing, bekerja sama dengan Reading Bugs, Gerakan Literasi Sekolah, dan didukung oleh Perpustakaan Dikbud. Beragam kegiatan diadakan dalam acara tersebut, selain workshop read a loud, workshop menulis cerita, bahkan tur perpustakaan pun dilakukan disana. Ayo Dongeng Indonesia sendiri pada pukul  10.00 – 11.00 mendapatkan slot untuk bernyanyi, berbagi dongeng kejutan, dan bersenang – senang bersama para orang tua dan anak – anak.

Sekitar pukul 10.00 WIB, anak  - anak didampingi para orang tua, sudah mulai ramai berkumpul dan duduk manis di Perpustakaan Dikbud lantai 2. Kak Maya dan Kak Nia dari Ayo Dongeng Indonesia pun segera menyambut dan membuka acara.

“Salam Ayo Dongeng … selaluuuu ceriaaaa…”



Teriakan semangat dari adik – adik mengikuti sapaan dari Kak Nia dan Kak Maya, seketika memberikan aura positif ke seluruh sudut ruangan, layaknya transfer semangat yang makin berlipat  lipat untuk kakak – kakak AyoDI.Tak mau kalah dengan semangat dari adik – adik, teman – teman tim energizer yang dipandu oleh kak Dandi dan ukulelenya, makin melipat gandakan kemeriahan suasana dengan bersama - sama menyanyikan lagu “Aku Suka Membaca”. Adik – adik pun semakin bersemangat bernyanyi riang dengan mengikuti gerakan bersama – sama.



Kak Putu, adalah orang pertama yang membagikan dongengnya pada adik – adik di sana. Kali ini ia bercerita soal persahabatan buaya dan burung plover. Ekspresi wajah, tawa, respon, dan sahutan dari adik – adik ini sungguh menggemaskan. Hal – hal seperti ini lah yang sangat tidak ternilai harganya, bagi kami para panjaga mimpi. Selanjutkan Kak Aya dengan si imut Sita, si boneka yang awalnya malu – malu, mulai menceritakan dongeng tentang hujan. Mantra pendek dan gerakan pemanggil hujan yang kemudian diikuti oleh semua adik – adik yang di sana, membuat suasana makin semarak.


Istirahat dulu, tim energizer pun kembali menghangatkan suasana dengan bersama – sama menyanyikan lagu  “Suka Hati”. Gemuruh hantakan kaki dari adik – adik dengan suara yang renyah membuat para orang tua pun ikut bergembira terbawa suasana.

Tibalah giliran Kak Miya dan Kak Hani untuk mendongeng, di awal mereka mendongen, Kak Hani mengajak adik adik ini untuk melakukan, “tepuk fokus”. Mereka berdua kali ini membawakan kisah menarik tentang si kelinci cerdik bernama Konehito. Gerakan “ulalaa”, “glinding glinding glinding”, “gemukk gemukk gemuk”, kompak diikuti oleh semua adik – adik yang masih dudukk manis menyimak dongeng Konehito.


 Lagu “Kepiting jalan Ke samping” tidak boleh terlewatkan, setelah Kak Hani dan Kak Miya selesai bercerita, semua yang ada di tempat dongeng di lantai dua Perpustakaan Dikbud Senayan ini, serempak berdiri mengikuti gerakan kepiting, ikan, kelinci, undur-undur,  yang dipandu oleh kakak – kakak dari tim energizer.

“pamit mundurr… pamit mundurr.. pamit – pamit munduur..”

Wah? Kok selesai nih acaranya? Belum doong. Di penghujung acara, Kakak Rika, muncul menghibur adik – adik dengan membawakan cerita tentang keluarga hiu. Ada baby shark, ada mommy shark, ada daddy shark, grandma dan granpa shark pun juga ada di sana. Dari berburu ikan, berlari melarikan diri dari paus, sampai – sampai mereka selamat walaupun kelelahan. diceritakan dengan gerakan menarik oleh kak Rika. Tidak berhenti di sana, yap… Kak Rika pun kemudian mengajak kak Dandi dan tim energizer juga semua adik – adik dan orang tua yang mendampingi, untuk berdiri, menyanyi dan menarikan lagu “Baby Shark”. Tawa canda pun pecah, terlihat jelas dari wajah- wajah mereka saat tim Ayo Dongeng Indonesia, berfoto bersama.

Dongeng Kejutan hari Sabtu kemarin sangat menyenangkan dan berkesan sekali. Semoga adik – adik pun membawa pulang ke rumah, kesan bahagia karena pengalamannya bersama dongeng. Terima kasih semuanya, sampai ketemu lagi.



Kategori Berita oleh Putu Saraswati pada 10 Apr 2017