image

FAQ

Ayo Dongeng Indonesia!

Apa itu AyoDI?

AyoDI adalah nama singkat dari Ayo Dongeng Indonesia atau lengkapnya adalah Komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Ayo Dongeng Indonesia adalah komunitas sosial yang berkomitmen pada kampanye kegiatan mendongeng bagi anak di Indonesia untuk keceriaan, cita-cita, mimpi dan imajinasi.

Komunitas Ayo Dongeng Indonesia! berbasis kerelawanan, terbuka dan tidak berafiliasi dengan golongan, agama, atau partai politik apapun.

Bagaimana cara bergabung di AyoDI?

Kami akan selalu ada kegiatan yang terbuka dan dipublikasikan luas. Siapapun boleh bergabung dengan datang di salah satu kegiatan kami, berkenalan dan kemudian langsung ikut terlibat. Tidak ada syarat untuk menjadi relawan komunitas kami.

Apa saja kegiatan AyoDI?

Kegiatan kami adalah menghidupkan kembali dongeng baik Indonesia dan kegiatan mendongeng di Indonesia. Kami melalukannya melalui 3 (tiga) kegiatan utama, yaitu Kelas Dongeng, Dongeng Kejutan dan Festival Dongeng.

Kelas Dongeng adalah kegiatan relawan untuk berbagi dan belajar mengenai dongeng dan bagaimana menyenangkan dan mudahnya mendongeng. Saat ini kelas dongeng hanyalah untuk usia remaja di atas 15 (lima belas) tahun yang bisa mengikutinya. Bukan kelas untuk anak-anak. Dalam sesi di Kelas Dongeng tidak disarankan untuk membawa anak, kecuali memang disebutkan khusus merupakan kelas buat orang tua dengan anak dan boleh membawa anak.

Dongeng Kejutan adalah kegiatan mendongeng bagi anak yang terbuka dan gratis, dilakukan oleh para relawan AyoDI di tempat publik. Acara ini terbuka untuk keluarga dengan anak usia berapapun.

Festival Dongeng adalah sebuah kegiatan besar AyoDI, sebuah perayaan tentang Dongeng dan Mendongeng. 

Bagaimana jika ingin kerja sama membuka kelas dongeng?

Dengan senang hati, silahkan menghubungi AyoDI untuk membicarakan kegiatan tersebut.

Apakah ada AyoDI di kota selain Jakarta?

Hingga sekarang, AyoDI hanya aktif berkegiatan secara offline di Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Depok). AyoDI tidak mendirikan komunitas cabang atau anak komunitas.

Namun demikian, AyoDI memiliki jaringan teman komunitas yang memiliki kesamaan ide, prinsip, misi dan visi dengan dongeng dan dunia anak. Beberapa diantaranya adalah:

  • Komunitas Dongeng Kota Hujan (Bogor)
  • Komunitas Dongeng Kriya Imut – Bengkimut (Bandung)
  • Komunitas Kumpul Dongeng (Surabaya)
  • Komunitas/Kelompok Dongeng Si Pupa (Psikologi Universitas Brawijaya, Malang)
  • Komunitas Rumah Dongeng Mentari (Jogjakarta)
  • Komunitas Pendidikan Maluku Heka Leka (Ambon)
  • Institut Mosintuwu (Poso)

Kami sangat senang jika ada komunitas dongeng di kota lain, dan kami siap belajar dan berbagi bersama untuk menghidupkan dongeng dan kegiatan mendongeng.

Bagaimana caranya mengundang relawan AyoDI untuk mendongeng?

Kami adalah komunitas dongeng dengan sistem kerelawanan. Kesamaan mimpi dan kegiatan yang bernapas sosial dibidang anak dan dongeng yang menggerakkan kami. Kami  terbuka dan senang sekali jika bekerja sama atau berkolaborasi dalam acara atau kegiatan yang sesuai dengan fokus kami. Silahkan langsung hubungi kami.

Dimana sekretariat AyoDI?

AyoDI hingga saat ini belum memiliki sekretariat khusus. Semua kegiatan dapat dijumpai secara online melalui website dan akun media sosial, serta dapat dijumpai secara offline jika ada kegiatan terbuka yang dipublikasikan dari Kelas Dongeng, Dongeng Kejutan dan Festival Dongeng.