image

Agenda

Ayo Dongeng Indonesia!

Dongeng Kejutan Hari Anak Nasional


Jika saat ini kita bertanya film cerita anak atau figur super hero yang disukai kepada anak-anak, maka sudah pasti kita tak menjumpai nama yang berasal dari Indonesia. Jika Naruto sukses di media cetak dan elektronik lalu digandrungi anak Indonesia, maka mungkin tak lama lagi kita mendapati cerita-cerita hebat asli Indonesia hanya dari media dan dokumen di luar negeri.

Sebagai bangsa yang memiliki beragam cerita anak rasa nusantara dan keajaibannya, tentu menjadi miris ketika yang lalu-lalang di televisi, toko buku dan benak anak-anak Indonesia adalah cerita dari negeri di luar sana. Bisa saja cerita-cerita tersebut jauh dari norma budaya kita hingga menancapkan budaya baru yang lambat laun mengikis habis keluhuran budaya lokal.

Televisi dan buku memang hanya media. Konten nya lah yang perlu diperhatikan, apakah sesuai dengan usia anak atau tidak. Media komunikasi dan informasi tertua, termudah dan termurah adalah bercerita. Aktivitas yang jarang diterapkan ini memiliki keunggulan dalam penyampaiannya. Ia bersifat dua arah. Diharapkan menjadi media alternatif dalam pendidikan dan penanaman nilai moral anak. Banyak sekali hasil penelitian yang berujung kepada peningkatan kecerdasan anak.  


Tujuan:
Menumbuhkan budaya bercerita/ mendongeng
Mengangkat kembali cerita nusantara untuk anak-anak
Memperkenalkan aktivitas keluarga yang menyenangkan

Sasaran:
Keluarga Muda yang memiliki anak usia pra sekolah-SD
Para pendidik/ guru
Penikmat seni bercerita/ dongeng

Agenda Acara:
Pertunjukan Parade Dongeng “Keajaiban Cerita Indonesia”
Workshop untuk guru PAUD dan TK

Waktu Pelaksanaan:
Minggu, 23 Juli 2017, pukul 09:00 – 13:00

Tempat Pelaksanaan:
Museum Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah


Ikuti terus info dan berita terkini dari Ayo Dongeng Indonesia melalui:

Website: www.ayodongengindonesia.com
Twitter & Instagram: @ayodongeng_ind
Facebook Fanpage: Ayo Dongeng Indonesia


Waktu
23 Jul 2017
Lokasi
Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13810
Widget
Tambahkan ke kalender 2017-07-23 09:00:00 2017-07-23 15:00:00 Asia/Jakarta Dongeng Kejutan Hari Anak Nasional Jika saat ini kita bertanya film cerita anak atau figur super hero yang disukai kepada anak-anak, maka sudah pasti kita tak menjumpai nama yang berasal dari Indonesia. Jika Naruto sukses di media cetak dan elektronik lalu digandrungi anak Indonesia, maka mungkin tak lama lagi kita mendapati cerita-cerita hebat asli Indonesia hanya dari media dan dokumen di luar negeri. Sebagai bangsa yang memiliki beragam cerita anak rasa nusantara dan keajaibannya, tentu menjadi miris ketika yang lalu-lalang di televisi, toko buku dan benak anak-anak Indonesia adalah cerita dari negeri di luar sana. Bisa saja cerita-cerita tersebut jauh dari norma budaya kita hingga menancapkan budaya baru yang lambat laun mengikis habis keluhuran budaya lokal. Televisi dan buku memang hanya media. Konten nya lah yang perlu diperhatikan, apakah sesuai dengan usia anak atau tidak. Media komunikasi dan informasi tertua, termudah dan termurah adalah bercerita. Aktivitas yang jarang diterapkan ini memiliki keunggulan dalam penyampaiannya. Ia bersifat dua arah. Diharapkan menjadi media alternatif dalam pendidikan dan penanaman nilai moral anak. Banyak sekali hasil penelitian yang berujung kepada peningkatan kecerdasan anak.   Tujuan: Menumbuhkan budaya bercerita/ mendongeng Mengangkat kembali cerita nusantara untuk anak-anak Memperkenalkan aktivitas keluarga yang menyenangkan Sasaran: Keluarga Muda yang memiliki anak usia pra sekolah-SD Para pendidik/ guru Penikmat seni bercerita/ dongeng Agenda Acara: Pertunjukan Parade Dongeng “Keajaiban Cerita Indonesia” Workshop untuk guru PAUD dan TK Waktu Pelaksanaan: Minggu, 23 Juli 2017, pukul 09:00 – 13:00 Tempat Pelaksanaan: Museum Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah Ikuti terus info dan berita terkini dari Ayo Dongeng Indonesia melalui: Website: www.ayodongengindonesia.com Twitter & Instagram: @ayodongeng_ind Facebook Fanpage: Ayo Dongeng Indonesia Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13810 Organizer ayodongengindonesia@gmail.com